Gabung Insight Broadcast

Mindful Life: Seni Menjalani Hidup Bahagia

Mark

Belajar seni menjalani hidup dari sebuah buku Mindful Life akan membantumu hidup lebih bahagia dan bermakna

Perjalanan Menuju Hidup Bermakna & Bermanfaat, Dimulai Dari Sini!

Hai, Sohib Insight. Selamat datang di Jurnal Insight.

Setelah kemarin kita membahas 2 Insight tentang mindset seorang konten kreator, yaitu Audience Centric & Facta, Non Verba. Kali ini saya ingin bergeser sedikit ke Book Insight. Yups, secara tema besar Jurnal Insight memiliki 2 tema besar, yaitu Class Insight dan Book Insight. Dan yang kalian baca kali ini adalah Book Insight.

Karena ini adalah Book Insight yang pertama. Maka dari itu saya ingin menjelaskan sedikit tentang Book Insight. Book Insight ini berasal dari masalah saya yang suka baca buku dan mendapatkan beberapa ilmu yang bermanfaat tapi di kemudian hari saya lupa dapat dari buku yang mana. Jadi, saya memutuskan untuk membuat Book Insight untuk mendokumentasikan semua insight belajar yang saya dapatkan dari sebuah buku. Singkatnya Book Insight adalah Insight yang membahas tentang berbagai macam buku Self-Improvement.

Dan buku yang akan saya bagikan Insight-nya pada kesempatan kali ini adalah sebuah buku dari seorang Productivity Coach yang berjudul "Mindful Life: Seni Menjalani Hidup Bahagia dan Bermakna" karya Darmawan Aji.

Bagi saya buku ini cukup menarik. Karena kalau teman-teman Sohib Insight baca pengalaman pribadi saya di pembahasan Class Insight "Mindset Content Creator 2: Facta, Non Verba." Kalian akan tahu bahwa saya sebelumnya adalah seseorang yang meaningless atau hidup dengan ketidakadaan makna. Jadi, tidak salah jika saya katakan buku ini menarik bagi saya. Dan saya rasa beberapa dari Sohib Insight juga pasti pernah merasakan hidup yang sama seperti saya. Jika benar begitu. Maka Book Insight atau Insight baca buku kali ini cocok untuk kalian baca.

Silakan siapkan catatan untuk mencatat Insight apa saja yang bisa kamu dapatkan nantinya. Atau kalau perlu bagikan langsung Insight yang kamu dapatkan di sosial media mu dan tag akun Jurnal Insight (@jurnalinsight) jika kamu berkenan.

INSIGHT 1

Blurb Yang Membangongkan

Ada kalanya kita merencanakan hidup. Ada kalanya kita menjalaninya. Ada kalanya kita melepaskan. Mencampuradukkan ketiganya adalah sumber frustasi. Bila kita ingin hidup bahagia, rencanakan saat perlu merencanakan, jalani saat perlu menjalani, dan lepaskan saat perlu melepaskan.

— Mindful Life by Darmawan Aji

Kalimat diatas adalah kalimat yang saya baca pertama kali. Kalimat tersebut adalah sebuah “blurb” atau tulisan yang bisa kalian temukan di back cover sebuah buku setiap kali kalian membeli buku. Biasanya tulisan tersebut berisikan poin, rangkuman, pesan penting atau intisari dari sebuah buku untuk menarik minat pembeli.

Dari kalimat tersebut kita bisa mendapatkan beberapa Insight yang sangat membangongkan. Kenapa saya sebut demikian? Karena setelah saya pikir-pikir ada benarnya juga apa yang dituliskan Coach Aji. Dan itu yang membuat saya menjadi bengong atau hening sejenak sambil memikirkan kembali apa yang telah saya baca, hehe.

Karena menurut saya begini. Kita adalah manusia yang sebenarnya tidak bisa melakukan banyak kegiatan yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Kalaupun kita bisa, maka hasilnya tidak akan semaksimal ketika kita melakukannya satu persatu secara bergantian. Perhatikan kalimat ke empat pada blurb tersebut, "Mencampuradukkan ketiganya adalah sumber frustasi." Terkadang kita mengharapkan hidup ini bisa instan. Sehingga seringkali kita ingin menyelesaikan beberapa hal dalam satu waktu. Padahal itu tidak harus. Dan tidak seharusnya begitu. Hidup itu ibarat siang dan malam yang silih berganti, (asek, kata-katanya udah kayak puisi aja nih, wkwk.) Ada waktu dimana itu disebut sebagai siang. Dan ada waktu dimana itu disebut sebagai malam.

Intinya adalah, pikirkan jika memang sudah saatnya untuk merencanakan, lakukan jika memang sudah waktunya untuk menjalankan, dan relakan jika memang sudah takdirnya untuk melepaskan. Jika tidak, kita akan frustasi, stres dan menyalahkan takdir. Itu (gaya Mario Teguh, haha).

INSIGHT 2

Kata Pengantar & Prakata

Jujur saya sangat suka membaca kata pengantar dari penerbit dan prakata seorang penulis dalam bukunya. Karena dari sana saya bisa melihat beberapa sudut pandang. Dan saya juga jadi tahu alasan mengapa penulis menulis buku tersebut.

Dan dari pengantar atau prakata yang saya baca di buku Mindful Life. Saya jadi tau keresahan Coach Aji dan kerendahan hatinya dalam membagikan segala bentuk pengalaman dan ilmu yang pernah ia alami dan pelajari yang kemudian ia tuliskan dalam buku tersebut. Di awal prakata tersebut, Coach Aji mengutip sebuah kalimat dari salah satu buku karya Buya Hamka. Bunyi kalimatnya seperti ini,

"Bila menuliskan ulang apa yang pernah ditulis orang lain dan menambahkannya dengan pemikiran kita sendiri bisa dikatakan sebagai karangan, maka izinkan buku ini saya sebut sebagai karangan."

— Buya Hamka

Meniru Buya Hamka. Saya juga ingin meminta izin kepada kalian semua Sohib Insight yang membaca blog ini. Anggaplah blog ini sebagai sebuah karangan. Karena blog ini juga saya tulis dari apa yang pernah dituliskan atau disampaikan orang lain yang kemudian saya tambahkan dengan sedikit pendapat, opini atau pemikiran pribadi. Karena menulis blog ini adalah proses belajar bagi saya untuk bisa menyerap ilmu dari para guru saya dengan baik.

Melanjutkan prakata yang saya baca. Disana Coach Aji menjelaskan bagaimana buku Mindful Life ini bisa sampai ada. Ia jelaskan bahwa kemunculan bukunya tersebut berawal dari kegelisahan pribadi yang pernah ia alami. Bahwa dulu, Coach Aji pernah membuat kesalahan dan ia merasa bahwa kehidupannya (dulu) pernah cacat. Dan dari situlah ia meletakan sebuah harapan pada bukunya bagi siapa saja yang membaca buku tersebut supaya dapat terhindar dari apa yang pernah Coach Aji alami jauh sebelum ia menulis buku Mindful Life. Ini sama kayak orang yang pernah jatuh di suatu lubang. Terus dibuatnya sebuah palang untuk memberitahu bahwa disana ada lubang. Supaya tidak ada orang lain yang ikut jatuh di lubang yang sama. Kurang lebih seperti itu, Sohib Insight.

Di prakata tersebut juga Coach Aji katakan bahwa buku Mindful Life adalah catatan pengingat bagi dirinya yang mudah-mudahan juga dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Bukan bagi siapa saja yang memilikinya, ya. Karena ada orang yang punya tapi nggak dibaca-baca, wkwk. Gimana cara mau mendapatkan manfaatnya kalo nggak dibaca Sohib Insight😂 Tapi tenang, kalian bisa membacanya melalui insight yang saya tuliskan diblog ini, hiiiii😁 (teknik marketing yang sangat baik, wkwk).

Oke, kita lanjut...

INSIGHT 3

Insight Apa Saja Yang Bisa Kita Dapatkan?

Dan kedepannya nanti. InsyaAllah kita akan belajar sama-sama bagaimana cara menjalani hidup yang bahagia dan bermakna melalui Insight baca buku Mindful Life karya Darmawan Aji.

Adapun yang akan menjadi pembahasan kita ada 10 topik berdasarkan bab pada buku tersebut. Saya tuliskan saja di bawah ini.

  • Bab 1: Berhenti Mengendalikan Apa yang Tidak Dapat Anda Kendalikan;
  • Bab 2: Memahami Apa yang Benar-Benar Berharga Dalam Hidup;
  • Bab 3: Menemukan Kebaikan di Balik Setiap Masalah;
  • Bab 4: Mengendalikan dan Menguasai Diri;
  • Bab 5: Hadir Utuh di Sini, Saat Ini;
  • Bab 6: Pikiran Kita Bukanlah Kenyataan;
  • Bab 7: Keajaiban Berpikir Negatif;
  • Bab 8: Hidup Selaras dengan Orang Lain;
  • Bab 9: Berdamai dengan Diri, dan;
  • Bab 10: Menemukan Makna dan Kebahagiaan Sejati.

Judul blog dengan yang disebutkan diatas bisa saja berubah atau bertambah jumlahnya karena satu dan lain hal.

Itulah 10 Bab yang akan coba saya bagikan Insight-nya. Mudah-mudahan sedikit Insight dari blog Jurnal Insight bisa berdampak luas bagi teman-teman Sohib Insight.

Jika Sohib Insight ingin mendapatkan Insight dan tidak mau ketinggalan setiap Jurnal Insight update konten baru. Silahkan "Click Here" dibagian atas hompage. Nanti kamu akan diarahkan ke WA Jurnal Insight dan kamu tinggal sampaikan bahwa kamu ingin mendapatkan info setiap Jurnal Insight update konten.

Okay, itu saja dulu, Sohib Insight. Semoga bermanfaat infonya. Seperti biasa, Happy Insight!😊

__
Insight from book:
Mindful Life by Darmawan Aji

About the Author

Hai, Saya Raden Sasak. Saya senang memikirkan hal-hal yang jarang terpikirkan. Saya senang menulis insight setiap hari. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.

Support Jurnal Insight.

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ingin berdiskusi, memberikan masukan atau menanyakan sesuatu. Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau informasi sensitif pada saat berkomentar. Terimakasih 😉
What do you want to do? Choose your menu!
Reload