Gabung Insight Broadcast

Dari Sanad Sampai Rekomendasi Kitab

Mark

“Jadilah Muslim yang Cerdas”

~ Ustadz Adi Hidayah.

Alhamdulillah, hari ini mendapatkan banyak insight yang menarik sekaligus bermanfaat. Salah satunya adalah memperhatikan sanad ketika menuntut ilmu.

Sanad sangat penting dalam mempelajari suatu ilmu. Karena itulah yang dilakukan oleh orang-orang cerdas terdahulu.

Selain itu, memperhatikan sanad akan mendorong kita untuk menelaahnya (ilmu yang sedang kita pelajari) lebih dalam.

Selamat Membaca Sohib Insight :)

Dari Sanad Sampai Rekomendasi Kitab

Hari ini saya mendengarkan mimpi adik saya. Alhamdulillah dia ingin menjadi seorang pendakwah. Katanya, ia ingin menjadi seperti Buya Yahya.

Bersyukur sekali punya adik yang memiliki cita-cita yang fokusnya kepada agama. Mudah-mudahan dia bisa menjadi Hujjatul Islam. Tidak bisa untuk Indonesia, setidaknya bagi keluarganya.

Ketika saya mendengar cita-cita adik saya. Saya jadi teringat tentang cita-cita saya dulu. Dulu, saya sangat ingin menjadi syaikh, saya sangat ingin sekali menjadi pendakwah.

Qadarullah, Allah ﷻ belum mengizinkan hambanya ini untuk meraih cita-citanya. Sebagai gantinya, Allah  jadikan adiknya seseorang yang bersemangat belajar ilmu Agama, Alhamdulillah.

Mudah-mudahan Allah  memberikan kemudahan kepada adik hamba dalam pemahaman agama. Dan semoga selalu mendapatkan petunjuk Allah  Aamiin Allahumma Aamiin.

INSIGHT 1

Pentingnya Sanad Dalam Berilmu

Dalam satu video, saya pernah mendengar tentang mengapa pentingnya memperhatikan sanad dalam menuntut atau mempelajari suatu ilmu.

Habib Ali Zaenal Abidin Al-Kaff dalam kajiannya menyampaikan, bahwasanya ketika kita belajar suatu ilmu dan sanadnya jelas. Itu sama dengan kita belajar langsung dengan guru yang pertama.

Sebagai contohnya, ketika kita ingin belajar tentang Sirah Nabawiyah atau kisah-kisah Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya. 

Maka, ketika kita belajar Sirah Nabawiyah dari karya Ibnu Hasyim. Itu sama dengan belajar Sirah Nabawiyah langsung dari ahli sejarawan muslim pertama, yaitu Ibnu Ishaq.

Mengapa demikian? Karena sanadnya jelas. Ibnu Hasyim punya guru, namanya Ziyad bin Abdillah bin Thufail al-Bakka’i. Atau lebih dikenal dengan panggilan al-Bakka’i.

Imam al-Bakka’i adalah murid daripada ahli sejarah dan sejarawan muslim pertama, yaitu Ibnu Ishaq.

Jadi, ketika kita belajar Sirah Nabawiyah dengan membaca tulisan Ibnu Hisyam, maka sama dengan belajar langsung kepada ahli sejarah, Ibnu Ishaq.

Karena ia lah sejarawan muslim pertama yang menulis kisah Nabi ﷺ dan para sahabatnya.

Berangkat dari sinilah, saya menasehati adik saya untuk memperhatikan sanad keilmuan, ketika belajar suatu ilmu. Apapun itu. Tidak harus ilmu agama saja.

Berhubungan dengan hal tersebut. Secara tidak sengaja saya memutar video UAH, Ustad Adi Hidayat.

"Seorang Muslim Itu Harus Cerdas - Ustadz Adi Hidayat"

Video atau kajian tersebut saya tonton bersama dengan adik saya.

Insight yang saya dapatkan langsung berhubungan dengan sanad. Yaitu, pentingnya kita menelaah, atau bahasa kerennya melakukan riset terhadap suatu ilmu.

Ketika kita dihadapkan dengan suatu ilmu. Jangan berhenti sampai disitu saja. Tapi kita perlu menelaah dan mencari tahu tentang ilmu tersebut hingga jelas maksud dan tujuannya.

Termasuk juga nanti ketika menelusuri sanad ilmu tersebut.

Telusuri dan gali informasi sebanyak mungkin tentang ilmu yang sedang kita pelajari. Agar mendapatkan kejelasan dan terhindar dari segala keraguan yang ada di dalamnya.

Insight, 23 Agustus 2022.

Alhamdulillah, ia (adik saya) mendengarkan nasehat saya dengan baik. Sebagai hadiah karena dia sudah mau mendengarkan nasehat kakaknya.

Maka saya hadiahkan dia dengan menjanjikan kitab Sirah Nabawiyah ketika saya gajian nanti. Alasannya, agar ia belajar Islam langsung dari pembawanya, yaitu Baginda Rasulullah ﷺ.

INSIGHT 2

Jadilah Pendakwah Kisah Rasulullah ﷺ

Sebelum kami menonton kajian daripada Ustadz Adi Hidayat. Sebenarnya saya dan adik saya bersama dengan ayah kami menonton kisah Rasulullah ﷺ yang dikisahkan oleh Habib Ali Al-Kaff.

Alhamdulillah, kami mendapatkan banyak sekali ilmu tentang kehidupan Rasulullah ﷺ.

Dari sana kami belajar tentang kemulian Rasulullah ﷺ. Dan mendapatkan pengetahuan baru, bahwa kehidupan Rasulullah ﷺ tidak seperti yang kita bayangkan yang kerjaannya ibadaah… terus.

Ada masanya Rasulullah ﷺ bercanda dan membangun keharmonisan dengan para sahabat dan keluarganya. Bahkan saya, adik dan ayah saya sampai tertawa ketika mendengar kisah Nu’aiman, sahabat Rasulullah ﷺ.

Dan dari sanalah saya belajar, bahwa Islam itu indah, Islam itu penuh kedamaian, karena Ia adalah Rahmatan Lil ‘Alamin.

Pelajarilah Islam langsung dari Baginda Rasulullah ﷺ., dengan membaca dan mempelajari perjalanan (kisah) Rasulullah ﷺ. Maka insya Allah, kita akan mendapatkan banyak kabar gembira dan kebenaran di dalamnya.

Insight, 23 Agustus 2022.

Seusai menyimak kisah daripada Rasulullah ﷺ, dari Habib Ali Al-Kaff. Saya bercita-cita untuk bisa menjadi seseorang yang pandai bercerita. 

Memang saya tidak ahli dalam ilmu agama. Tapi saya ingin menjadi ahli dalam mengisahkan kisah perjalanan hidup Sang Rasul, Nabi Besar Muhammad ﷺ.

Karena inilah jalan dakwah yang paling menyejukkan bagi saya.

Dalam perjalanan saya belajar Islam. Baru kali inilah saya menemukan rasa kedamaian dan mendapatkan kabar gembira ketika mendengarkan kisah Rasulullah ﷺ.

Jadi saya yakin, bahwa berdakwah dengan kisah Rasulullah ﷺ adalah jalan yang tepat. Karena kita tidak menggurui seseorang. Biarlah orang itu belajar sendiri langsung dari (kisah) Rasulullah ﷺ.

Shallu ‘Alan Nabi Muhammad!

Bagi kalian yang ingin menyimak video yang saya maksud. Silahkan tonton disini: “Full Kisah Lucu Nu'Aiman - Habib Ali All Kaff”

Mudah-mudahan kita dimudahkan dalam mengenal Islam. Dan mudah-mudahan kita mengenal (sekenal-kenalnya) Sang Rahmatan Lil ‘Alamin. Serta dapat mensyiarkannya kepada Anak, Cucu, Istri, Suami dan Keluarga kita semua. Aamiin Allahumma Aamiin.

Dan semoga adik saya bisa menjadi pendakwah kisah Rasulullah ﷺ yang sekaligus menjadi cita-cita saya.

امين يا ربال الامين

Shallu ‘Alan Nabi Muhammad!

INSIGHT 3

3 Kitab Yang Saya Sarankan

Ini adalah 3 (tiga) kitab yang saya sarankan kepada adik saya, setelah mendengarkan semua cerita dan cita-citanya untuk menjadi seorang pendakwah.

Ketiga kitab tersebut adalah

  1. Asbabun Nuzul karya Imam As-Suyuthi.
  2. Sirah Nabawiyah karya Ibnu Hisyam.
  3. Ihya Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali.

Saya sarankan ketiga kitab tersebut. Karena ketiga kitab tersebutlah yang saya baca untuk memulai perjalanan mengenal Islam saya yang sesungguhnya.

Sebenarnya masih banyak lagi kitab yang disarankan (oleh para ulama dan ustadz) untuk dibaca.

Namun untuk saya, dan adik saya yang baru mau mulai mondok. Ketiga kitab tersebutlah yang baru mampu saya rekomendasikan.

Membaca Kitab Asbabun Nuzul, akan mengantarkan kita untuk memahami sebab-sebab turunnya ayat Al-Qur’an.

Salah satu yang sudah saya baca dan saya suka, yaitu tentang Surah Al-Fatihah.

Dalam hadist (Shahih) muslim. Diriwayatkan dari Abu Hurairah R.a. dari Muhammad ﷺ. Ia (Abu Hurairah R.a.) berkata, sesungguhnya aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, 

“Allah ﷻ berfirman: ‘Shalat itu dibagi dua, setengah untuk-Ku dan setengahnya lagi untuk hamba-Ku. Untuk hamba-Ku adalah apa yang dia pinta.

Maka apabila seorang hamba membaca:

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

(Segala Puji Hanya Bagi Allah, Tuhan semesta alam). 

Allah ﷻ berfirman: "Hamba-Ku telah memuji-Ku".

Apabila seorang hamba membaca:

الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

ِ(Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang).

Allah ﷻ berfirman: "Hamba-Ku telah Menyanjung-Ku".

Apabila seorang hamba membaca:

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

(Pemilik Hari Pembalasan).

Allah ﷻ berfirman: "Hamba-Ku telah Mengagungkan-Ku. Atau Dia berfirman, Hamba-Ku telah memasrahkan dirinya kepada-Ku".

Apabila seorang hamba membaca:

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِين

ُ(Hanya kepada Engkau kami menyembah dan hanya kepada Engkau kami memohon pertolongan).

Allah ﷻ berfirman: "Ini adalah bagian antara Aku dan hamba-Ku, maka bagi hamba-Ku apa yang dia pinta".

Dan apabila seorang hamba membaca:

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّين

(Tunjukilah kami jalan yang lurus,

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.),

maka, Allah ﷻ berfirman: "Ini adalah bagian bagi hamba-Ku, maka baginya adalah apa yang dia pinta".

(HR. Muslim).

Menarik bukan Sohib Insight? Sering kita lafazkan, tapi kita belum tau keistimewaannya.

Jika ingin mengenal Islam, bacalah. Jika ingin mengetahui keistimewaan Islam, bacalah. Jika ingin mati dalam keadaan Islam, bacalah. Karena itu merupakan perintah pertama.

Insight, 23 Agustus 2022.

Nah, itu hanya sebagian dari ilmu yang bisa kita petik dari Kitab-Kitab tersebut. Dan masih banyak lagi yang bisa kita dapatkan setelah membacanya, insya Allah.


Alhamdulillah, segala puji bagi Allah ﷻ yang telah memberikan hamba-Nya ini semangat untuk terus menulis insight setiap hari.

"Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung".

Maka, rasa syukur ini hanya milik-Nya.

Sampai disini dulu insight yang bisa saya dapatkan. Kenapa saya bilang “dapatkan?” Karena sebenarnya yang belajar disini adalah saya.

Dan blog ini hanyalah sebagai media dokumentasi. Adapun jika kalian mendapatkan satu kebaikan dari blog ini. Maka, Alhamdulillah. Semoga itu bisa bermanfaat bagimu.

Jika kalian menemukan satu keburukan dari blog ini. Maka, Astagfirullah. Saya memohon ampun keda Allah, dan meminta maaf kepada kalian semua.

Silahkan ambil yang baik menurut kalian. Tinggalkan yang buruk menurut kalian. Wallahu A'lam Bishawab.

Sampai jumpa di insight berikutnya. Dah …

Jurnal Insight | Temukan Insight Setiap Saat.

About the Author

Hai, Saya Raden Sasak. Saya senang memikirkan hal-hal yang jarang terpikirkan. Saya senang menulis insight setiap hari. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.

Support Jurnal Insight.

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ingin berdiskusi, memberikan masukan atau menanyakan sesuatu. Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau informasi sensitif pada saat berkomentar. Terimakasih 😉
What do you want to do? Choose your menu!
Reload