Gabung Insight Broadcast

Daily Insight: Arbi'aa', 17 Safar 1444H

Mark

Subhanallah Walhamdulillahi Walailahaillallah Wallahu Akbar. Walahawla Walaquwwata Illabillahil’aliyyil‘adzim.

Persaingan Membuat Kita Jadi Menang.

Hai, Sohib Insight. Selamat datang di blog Jurnal Insight. Ini adalah Daily Insight yang ke-2. Dan di blog kali ini, saya ingin menulis insight yang saya dapatkan dari kegiatan (internet) saya sehari-hari.

Semoga hari ini saya bisa mendapatkan insight yang menarik dari pemantik insight. Dan semoga insight yang saya dapatkan bisa bermanfaat bagi Sohib Insight yang membaca blog ini, Aamiin.

INSIGHT 1

Kamu Punya Kekuatan Super Yang Kamu Butuhkan

“Pikiranmu adalah kekuatan terbesarmu. Gunakan dengan baik”.

~ Aneta Cruz

Seringkali kita bertanya apa kekuatan super yang kita miliki. Kadang kalau kita menonton film superhero. Kita jadi pengen punya kekuatan super seperti mereka.

Lihat Spiderman, jadi pengen punya kekuatan jaring dan bisa nempel di tembok. Lihat Ironman, jadi pengen punya baju besi. Lihat Doctor Strange, jadi pengen punya ilmu sihir dan mistik.

Tapi kalau saya ditanya siapa pahlawan fiktif saya. Saya tidak akan memilih superhero dari Marvel atau DC. Tapi saya akan memilih Sherlock Holmes.

Dia adalah favorite saya dalam dunia fiktif. Kenapa saya menyukainya? Karena kekuatan supernya adalah otaknya. Dengan kata lain, kekuatan super yang dia miliki adalah pikirannya.

By the way, kita juga bisa seperti Sherlock Holmes. Kita juga bisa memiliki kekuatan super seperti Sherlock Holmes. Bahkan kita sudah memilikinya sekarang.

Kekuatan tersebut berada dalam otak kita, yaitu pikiran kita sendiri. Pikiran adalah kekuatan terbesar yang kita miliki. Dengan pikiran kita bisa melakukan banyak hal.

Salah satunya adalah memikirkan kata-kata yang indah. Lalu menyusunnya menjadi sebuah kalimat. Dari kalimat tersusun menjadi beberapa paragraf. Dari paragraf menjadi satu blog.

Itulah yang saya lakukan dengan kekuatan super yang saya miliki. Karena saya ingin menjadi penulis. Maka kekuatan super saya mendukung saya untuk memikirkan bait demi bait paragraf.

Begitu juga dengan kamu Sohib Insight. Ketika kamu ingin menjadi sesuatu yang kamu impikan. Maka kekuatan supermu akan mendukung kamu untuk mencapai impian kamu tersebut.

Kekuatan super yang sebenarnya adalah kekuatan yang dekat dengan kita; berada dalam diri kita dan bisa membantu kita mencapai potensi tertinggi kita. Dan itu adalah pikiran kita sendiri.

Insight, 17 Safar 1444H.

INSIGHT 2

Apapun Hasilnya, Kamu Harus Tetap Berproses

“Setinggi apapun mereka sukses. Mereka biar semangat terus berproses”

~ Pelatih Paskibra SMKN 2 Garut

Paskibra yang sangat mengagumkan sekali di panggung Indonesia’s Got Talent. Dan sangat menghibur ketika diajak bercanda oleh para juri.

Aksinya yang sangat luar biasa membuat mereka trending di YouTube. Dan berhasil meraih mimpi mereka, yaitu masuk TV dan menjadi Super Duper Mega Bintang, haha…

Tapi ada yang menarik dari tampilan Quarter Final mereka. Saat itu, salah satu juri menyinggung tentang mereka yang pernah trending di YouTube, dan ditebak bakal trending lagi.

Ketika ditanya, “Pas trending kalian ngapain?”. Pelatihnya menjawab dengan pernyataan yang sangat mengagetkan. Yaitu, anak didiknya diberi hukuman push up 100 kali.

Ketika ditanya kembali, “Kenapa diberikan hukuman?” Jawabannya tepat seperti kutipan yang kamu baca di awal insight 2 diatas tadi.

“Setinggi apapun mereka sukses. Mereka biar semangat terus berproses”

Sangat menarik bukan, perkataan pelatihnya? Ini adalah insight yang sangat luar biasa menurut saya. Karena setinggi apapun kamu sukses. Kamu harus tetap terus berproses. Gokil gak tuh? Hehe…

Seringkali ketika kita sudah sukses atau sudah berada di puncak. Kita merasa cukup dengan pencapain tersebut dan berhenti untuk mengejar hal lain.

Ketika kita menjadikan sukses sebagai pemicu rasa puas dalam diri kita. Maka disaat itulah sukses telah membunuh mimpi kita yang belum tercapai.

Padahal kita masih memiliki mimpi yang lain. Tapi karena terlalu cepat puas dengan kesuksesan yang kita raih. Akhirnya kita bilang, “Ya sudahlah, cukup. Toh juga udah sukses.”

Sukses bukanlah hal yang menjadikan diri kita berhenti untuk berproses. Tapi sukses justru yang seharusnya menjadikan kita lebih bersemangat lagi untuk berproses.

Seharusnya kita tidak puas, melainkan kita bersyukur dengan pencapaian kita. Karena ketika kita merasa puas. Disaat itulah kita sedang mengalami kemunduran yang besar.

Insight, 17 Safar 1444H.

INSIGHT 3

Semakin Banyak Persaingan, Semakin Bagus

“Langit akan tidak terasa indah kalau bintangnya cuma satu. Tapi langit akan terasa indah jika banyak bertaburan bintang”

~ Kak Toni

Di zaman sekarang, persaingan itu semakin banyak. Kita mau jadi konten kreator. Eh, konten kreator udah banyak. Kita mau jadi youtuber. Eh, youtuber udah gak kehitung jumlahnya.

Akhirnya kita menyerah untuk menjadi seorang konten kreator. Kita menyerah untuk menjadi seorang youtuber. Karena takut bersaing. Karena kita takut kalah terang sama orang lain.

Tapi yang menarik adalah, semakin banyak yang memilih atau menekuni profesi tersebut. Maka akan semakin seru juga ketika kita menekuni profesi itu. Kenapa? Karena,

“...langit akan terasa indah jika banyak bertaburan bintang”

Kalau semakin banyak yang mendalami atau menekuni profesi yang kita pilih. Katakanlah konten kreator. Bukannya semakin banyak tempat dan teman kita untuk belajar?

Ditambah lagi, sekarang adalah zamannya kita untuk berkolaborasi dan saling menguatkan satu sama lain. Bukannya itu seru? Ya kan? Iya dong!

Saya memilih untuk menjadi penulis. Saat ini saya memulai karir menulis saya dengan menjadi seorang blogger. Diluar sana sudah pasti banyak penulis dan blogger.

Tidak sedikit dari mereka adalah penulis yang handal dan blogger yang hebat. Tapi saya tidak merasa disaingi. Karena skill saya masih belum ada, haha…

Tapi justru keberadaan mereka menjadikan saya lebih mudah untuk mewujudkan cita-cita dan impian saya untuk menjadi seorang penulis. Karena,

Mendapatkan peningkatan dari apa yang kita tekuni. Salah satunya datang dari persaingan. Semakin banyak saingan kita. Semakin banyak hal yang bisa kita gali dan pelajari.

Insight, 17 Safar 1444H.

PENUTUP

Alhamdulillah. Shallu ‘Alan Nabi Muhammad!

Sampai disini dulu insight yang bisa saya bagikan. Semoga saya dan Sohib Insight bisa mendapatkan satu kebaikan dari membaca blog insight hari ini. Aamiin Allahumma Aamiin.

Selalu temukan insight di setiap kegiatan yang kita lakukan. Dan selalu temukan insight di setiap peristiwa yang kita dapatkan. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.

Jurnal Insight | Temukan Insight Setiap Saat.

About the Author

Hai, Saya Raden Sasak. Saya senang memikirkan hal-hal yang jarang terpikirkan. Saya senang menulis insight setiap hari. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.

Support Jurnal Insight.

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ingin berdiskusi, memberikan masukan atau menanyakan sesuatu. Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau informasi sensitif pada saat berkomentar. Terimakasih 😉
What do you want to do? Choose your menu!
Reload