Gabung Insight Broadcast

Daily Insight: Jumua'ah, 05 Safar 1444H

Mark

Hari ini, hari jum’at. Itu artinya, insight yang saya dapatkan adalah insight dari khutbah jumat. Alhamdulillah, insight-nya sangat luar biasa.

Hewan Ternak Dan Ilmu.

Sebelum masuk waktu shalat jum’at. Sebenarnya ada tabligh akbar di masjid, tempat saya biasa shalat jum’at. Kegiatan tersebut sangat luar biasa. Tapi sayang saya tidak ikut hadir. Lah, terus ... tau dari mana kegiatannya luar biasa?

Suaranya terdengar sampai ke telinga saya, hehe... Mulai dari adzan subuhnya yang sangat merdu, ditambah ada tilawatil Qur’an yang sangat indah dan sopan di telinga.

Tapi entah kenapa, saat pengajian suaranya kurang jelas. Ketika saya tanya adik saya, ternyata Syaikh yang mengisi tabligh akbar tersebut sedang kurang sehat.

Mudah-mudahan Allah SWT. berikan kesehatan kepada para ahli ilmu. Aamiin Allahumma Aamiin.

Balik ke insight khutbah jum’at yang saya dapatkan tadi siang. Insight-nya sangat menarik, karena membicarakan tentang hewan ternak dan ilmu.

Dari isi khutbah tersebut, saya menjadi lebih mengetahui kebesaran Allah SWT., dan saya jadi lebih bersyukur, karena hewan ternak dan ilmu.

Apa kaitannya hewan ternak dengan ilmu?

Apakah kalian tahu, bahwa semua hewan yang diciptakan Allah itu semua hewan liar pada mulanya. Lalu mengapa orang bisa menjadikannya hewan ternak dan bisa dipelihara?

Itu semua karena ilmu yang Allah berikan kepada hamba-Nya untuk dapat menjinakkan hewan dan dapat menjadikannya hewan tersebut dipelihara.

Sangat menarik menurut saya. Apalagi kalau kita memikirkan hewan ternak dan ilmu secara dalam, hehe…

Tidak akan bermanfaat segala sesuatu dimuka bumi ini, sampai Allah turunkan ilmu kepada hamba-Nya untuk dapat memanfaatkan apa yang telah Ia ciptakan.

Insight, 05 Safar 1444H.

Maha Suci Allah dengan segala ciptaan-Nya.

Saya jadi mikir, bahwa besi atau baja tidak akan jadi apa-apa kalau kita tidak memiliki ilmu untuk dapat menggunakannya. Tapi dengan kebesaran Allah SWT. Ia jadikan kita tahu cara memanfaatkannya. 

Sehingga sekarang kita bisa melihat besi/baja bisa terbang (pesawat). Luar biasa bukan? Maha Suci Allah dengan segala ciptaan-Nya.

Bahkan kapal yang besar, yang terbuat dari besi tidak tenggelam. Tapi jarum kalo kita jatuhkan, pasti tenggelam. Maha Suci Allah dengan segala ciptaan-Nya.

Kita sekarang hidup di era yang serba digital. Kalau sampai kita tidak mencari ilmu tentang dunia digital. Maka kita akan gagal memanfaatkan peluang yang ada.

Kalo sudah begitu, maka sudah bisa kita pastikan bahwa kita akan kalah bersaing dengan orang lain yang berilmu.

Sebenarnya, kita memiliki apa yang kita butuhkan. Hanya saja, kita perlu ilmu untuk bisa memanfaatkan apa saja yang kita miliki.

Insight, 05 Safar 1444H.

Kalau kita pikir-pikir, kita semua punya smartphone. Tapi, ada yang bisa sukses dan ada yang tidak sukses dengan hanya bermodalkan smartphone. Padahal sama-sama memiliki smartphone.

Bedanya apa? Bedanya adalah, mereka yang sukses hanya bermodalkan smartphone adalah orang yang tahu (ilmu) bagaimana cara memanfaatkannya (smartphone).

Sedangkan yang tidak, itu disebabkan karena ketidaktahuan mereka bagaimana cara memanfaatkanya. Kalau kata orang,

“Mulai dari apa yang kamu bisa. Dan gunakan apa yang kamu punya.”

Gunakan apa yang kamu punya. Kalo mau menulis, ya gak apa-apa mulai dari smartphone aja dulu, semisal belum punya laptop.

Jangan gengsian. Masak iya, harus nunggu punya macbook dulu baru mau belajar nulis?

Kalau memang mau jadi penulis, ya udah. Mulai dari apa yang kamu punya aja dulu. Seiring waktu juga nanti bakalan punya laptop. Kan bisa nabung. Ya kan? Hehe…

Okay, mungkin segitu dulu Daily Insight dari saya. 

Saya Wirahadi:

“Selalu temukan insight di setiap kegiatan yang kita lakukan. Dan selalu temukan insight di setiap peristiwa yang kita dapatkan. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.”

Semoga kita bisa mendapatkan satu kebaikan dari insight hari ini, aamiin… Sampai jumpa di insight berikutnya. Dah … Sohib Insight.

Jurnal Insight | Temukan Insight Setiap Saat.

About the Author

Hai, Saya Raden Sasak. Saya senang memikirkan hal-hal yang jarang terpikirkan. Saya senang menulis insight setiap hari. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.

Support Jurnal Insight.

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ingin berdiskusi, memberikan masukan atau menanyakan sesuatu. Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau informasi sensitif pada saat berkomentar. Terimakasih 😉
What do you want to do? Choose your menu!
Reload