Join Telegram

Daily Insight: Khomiss, 03 Rabiul Awal 1444H

Mark

Subhanallah Walhamdulillahi Walailahaillallah Wallahu Akbar. Walahawla Walaquwwata Illabillahil’aliyyil‘adzim.

Arahkan! Jangan Diarahakan.

Hai, Sohib Insight. Selamat datang di blog Jurnal Insight. Ini adalah Daily Insight yang ke-17. Di blog Daily Insight, saya menulis insight yang saya dapatkan dari kegiatan (internet) saya sehari-hari.

Semoga insight yang saya dapatkan dari kegiatan (internet) saya ini, bisa bermanfaat bagi Sohib Insight yang membacanya, Aamiin.

INSIGHT 1

Kombinasikan Itu Secara Tepat.

“Satu-satunya hal yang kita ketahui tentang masa depan adalah bahwa masa depan akan berbeda”.

~ Peter Drucker.

Pagi ini saya masih melanjutkan menulis insight setiap hari. Mudah-mudahan saya bisa tetap konsisten menulis insight setiap hari.

Agar kegiatan menulis menjadi rutinitas rutin yang tidak dapat dihilangkan dalam keseharian saya. Kebiasaan yang akan menemani saya sampai akhir perjalanan.

Dan untuk pagi ini saya ingin menulis insight yang akan coba saya cari dari kutipan diatas sebagai pemantik insightnya. Pasti akan ada insight menarik yang bisa saya dapatkan.

Apa yang kita ketahui tentang masa depan?

Semua orang pasti akan menjawabnya dengan berbeda. Sebagian akan menjawab tidak tahu dengan masa depannya karena masa depan ada diluar kemampuan kita.

Sebagian lagi mengaku bisa meraba atau menebak masa depan. Hanya perkiraan saja. Tapi setelah itu, kita tidak tahu apakah itu benar atau tidak.

Tapi sebenarnya kita bisa memperkirakan masa depan kita akan seperti nantinya. Apakah kita akan jadi orang yang sukses atau sebaliknya menjadi orang yang gagal.

Guru saya bilang, kalau saya dan teman-teman saya semua pada saat itu, masa depannya akan ditentukan oleh perbuatannya hari ini.

Sebaik-baiknya masa depan yang akan kita lihat adalah sebaik-baiknya kegiatan yang kita lakukan di hari ini.

Insight Raden Sasak, 03 Rabiul Awal 1444H.

Hari ini adalah bagian dari kerangka masa depan yang bisa kita lihat, rasakan dan yang bisa kita dengar setelah masa lalu. Bagus tidak susunannya bergantung pada diri kita.

Apa yang kita lakukan hari ini akan kita tuai lima tahun kedepan. Begitulah kata orang bijak. Jadi akan sangat baik bagi kita untuk memperhatikan semua kegiatan kita setiap hari.

Tapi yang pasti adalah, bahwa masa depan yang akan kita lihat atau yang akan kita temui sudah pasti berbeda dengan masa yang pernah kita lalui.

Itu bisa berarti baik sekaligus bisa berarti buruk juga untuk kita. Tergantung dari perbedaan yang ada. Apakah berbeda karena semakin buruk atau berbeda karena semakin bagus.

Tapi kita tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Karena yang perlu kita lakukan adalah apa yang bisa kita lakukan terbaik untuk hari ini.

Usaha harus tetap yang terbaik semampu kita. Setelah itu kita dukung usaha itu dengan doa-doa kepada Sang Pencipta. Karena dialah yang menguasai apa yang ada di bumi dan apa yang ada dilangit.

Selain dari masa depan itu berbeda dengan masa lalu kita. Beberapa orang juga mengatakan bahwa masa depan kita bergantung pada orang terdekat kita, yaitu teman.

Teman itu seperti warna. Semakin bagus kombinasi warna yang kita pilih. Maka akan semakin indah masa depan yang akan kita lihat.

Insight Raden Sasak, 03 Rabiul Awal 1444H.

INSIGHT 2

Kemampuan Baru Kemampuan.

"Great companies don't hire skilled people and motivate them. Great companies hire motivated people and inspire them".

~ Simon Sinek.

Siang ini saya memeriksa email saya. Dan bersyukur dapat email yang saya tunggu-tunggu. Email mana lagi, kalau bukan dari simon sinek.

Kutipan diatas adalah inspirasi dari Simon Sinek yang membicarakan tentang sebuah perusahaan terbaik. Baginya, perusahaan terbaik adalah perusahaan yang ia deskripsikan melalui inspirasinya.

Memang saya belum punya perusahaan atau bisnis. Tapi saya suka aja mengutip setiap inspirasi yang saya dapatkan dari Simon Sinek.

Ya, kita berdoa saja, mudah-mudahan kita bisa memiliki perusahaan atau bisnis yang bisa memberikan impact positif kepada masyarakat dan lingkungan kita.

Anyway, sebelum kita membangun sebuah perusahaan. Tidak ada salahnya jika kita mendengarkan inspirasi dari Kang Sinek terlebih dahulu.

Menurut Kang Sinek, perusahaan terbaik adalah perusahaan yang tidak mempekerjakan orang yang memiliki keterampilan maupun kemampuan.

Tapi perusahaan terbaik adalah perusahaan yang mempekerjakan orang karena mereka memiliki motivasi. Dan itu hal yang paling penting dalam bekerja.

Orang mempekerjakanmu bukan karena kemampuanmu. Tapi orang mempekerjakanmu karena kemauanmu.

Insight Raden Sasak, 03 Rabiul Awal 1444H.

Kemauan seseorang bisa hadir karena adanya dorongan yang amat besar dalam dirinya. Dan lebih sulit mendapat itu dibandingkan kemampuan.

Jika seseorang sudah termotivasi untuk bergerak maka bukan tidak mungkin seseorang bisa memiliki kemampuan. Karena motivasi yang kuat akan mempertajam kemampuannya.

Karena menurut Kang Sinek,

“Perusahaan besar tidak mempekerjakan orang yang terampil dan memotivasi mereka. Perusahaan besar mempekerjakan orang-orang yang termotivasi dan menginspirasi mereka.”

Kalau kita tarik dalam kehidupan pribadi kita, maka tidak ada gunanya kita memiliki kemampuan tanpa adanya kemauan.

Memiliki kemampuan untuk bisa mengerjakan sesuatu, akan tetapi tidak memiliki kemauan untuk mengerjakan hal itu. Maka tidak akan terjadi apa-apa.

Oke jika ada banyak orang yang bisa menulis dengan baik. Oke jika ada banyak orang yang memiliki keterampilan menulis yang baik. Tapi yang mau menulis setiap hari hanya sedikit.

Ya, memang saya tidak memiliki keterampilan menulis yang baik. Bahkan setelah kamu membaca tulisan saya. Mungkin kamu akan melihat begitu banyak kekurangan yang terdapat didalamnya.

Mau dulu, baru tau. Setelah itu, dengan sendirinya kita akan mampu.

Insight Raden Sasak, 03 Rabiul Awal 1444H.

INSIGHT 3

Arahkan! Jangan Diarahkan.

“Gak ada kesuksesan yang datang cuman dalam satu malam”.

~ Rossa.

Untuk menutup insight terakhir hari ini saya mengutip sebuah perkataan teh Oca ketika memberikan komentar kepada kontestan Indonesia’s Got Talent.

Kekaguman melihat persiapan kontestan yang begitu mempersiapkannya matang karena persiapan itu telah ia lakukan jauh hari sebelum hari H tampil.

Jadi, teh Oca memberikan apresiasi dan mengucapkan sebuah kalimat yang tadi awal sudah kamu baca.

Memang benar, siapapun yang kalian tanya, sekalipun orang-orang sukse. Mereka akan mengatakan bahwa kesuksesan mereka tidak dicapai dalam satu malam.

Karena kesuksesan bukanlah tugas sekolah ataupun tugas kuliah yang bisa kamu kerjakan dalam satu malam lalu selesai. Bukan begitu kerja sebuah kesuksesan.

Kesuksesan tidak mengenal SKS aka. Sistem Kebut Semalam. Tapi kesuksesan dicapai dengan berbagai malam yang dilewatinya. Kadang malam itu dilewati tangis dan air mata.

Kesuksesan butuh proses yang panjang. Tidak ada kesuksesan yang tiba-tiba datang. Tidak mungkin kesuksesan datang jika kita hanya rebahan.

Kesuksesan akan memilih dan jatuh kepada siapa yang pantas untuk menerimanya. Bukan jatuh kepada sembarang orang yang tidak pernah memperjuangkannya.

Kesuksesan hanya datang pada mereka yang pantas untuk menerimanya.

Insight Raden Sasak, 03 Rabiul Awal 1444H.

Usaha dan doa yang panjang akan memanggil kesuksesan. Jadi tidak mungkin bagi kita untuk meminta keajaiban dalam satu malam.

Kita bukan Aladin yang memiliki Jin yang bisa memenuhi semua permintaan kita. Tapi kita memiliki Tuhan yang selalu mendengar doa dan melihat perjuangan kita.

Kapanpun kamu ingin sukses selalu ingatlah bahwa kesuksesan datang karena persiapan yang panjang. Jadi kamu perlu mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum kamu sukses.

Ingat bahwa kita adalah orang yang selalu punya pilihan. Jika kita meyakini kesuksesan itu ada. Maka kita akan memilih untuk berusaha.

Tapi jika kita tidak meyakini kesuksesan itu ada. Maka kita akan memilih untuk hidup seadanya. Dan kita hanya seperti orang yang hanyut terbawa arus.

Hanyutnya kita menandakan bahwa kita adalah orang yang tidak ingin berusaha untuk melawan arus meski arus itu membawa kita ke tujuan yang tidak kita inginkan.

Saya rasa hidup yang paling membosankan adalah hidup ketika kita hanya mengikuti harus tanpa pernah mau berusaha untuk mengubah arah kita berlabuh.Meski arus itu kuat. Kita bisa melawannya. atau kita tetap bisa mengarahkan diri kita kearah yang kita inginkan.

Jika kita ingin berubah. Beranilah untuk melawan apa yang selama ini membuat kita hanyut.

Insight Raden Sasak, 03 Rabiul Awal 1444H.

PENUTUP

Alhamdulillah. Shallu ‘Alan Nabi Muhammad!

Sampai disini dulu insight yang bisa saya bagikan. Semoga saya dan Sohib Insight bisa mendapatkan satu kebaikan dari membaca blog insight hari ini. Aamiin Allahumma Aamiin.

Selalu temukan insight di setiap kegiatan yang kita lakukan. Dan selalu temukan insight di setiap peristiwa yang kita dapatkan. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.

Jurnal Insight | Temukan Insight Setiap Saat.

About the Author

Life Design Certified Trainer | Top Coach Merry Riana Coach Development Program | Tim Motiva: Lembaga Pelatihan Produktivitas & Pengembangan Diri.

Follow Raden Sasak.

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ingin berdiskusi, memberikan masukan atau menanyakan sesuatu. Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau informasi sensitif pada saat berkomentar. Terimakasih 😉
What do you want to do? Choose your menu!
Reload