Gabung Insight Broadcast

Daily Insight: Sabtu, 13 Safar 1444H

Mark

“Seseorang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapannya, tetapi hebat dalam tindakannya”.

~ Unknown.

Sedikit Bicara Banyak Bertindak.

Berpikir sejenak tentang apa makna kutipan diatas. Bertanya pada diri sendiri, “Apa iya, seseorang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapannya?” Dan kebanyakan begitu.

Kebanyakan orang yang luar biasa, akan kita temukan sebagai orang yang pendiam. Karena memang ia sederhana dalam ucapannya.

Coba deh, kamu perhatikan orang-orang yang kamu anggap sebagai orang yang luar biasa. Kebanyakan dari mereka itu memiliki sifat pendiam.

Meski mereka punya sikap yang pendiam. Bukan berarti dalam segala hal mereka selalu diam.

Orang luar biasa itu, pasif dalam bicara, aktif dalam bertindak.

Insight, 13 Safar 1444H.

Kenapa orang luar biasa itu pendiam? Dalam penafsiran saya (asekk, penafsiran, wkwk), orang yang luar biasa itu sering diam karena mereka suka berpikir.

Orang yang suka berpikir cenderung akan diam terlebih dahulu dalam menanggapi segala peristiwa. Karena jika mereka banyak bicara, mereka tidak bisa berpikir dengan jernih. 

Pun kalau mereka bicara. Kita hanya bisa lihat gerakan tipis-tipis di bagian bibirnya. Setelah mereka berpikir. Kita bisa melihat keaktifan mereka dalam mengambil tindakan.

Saya mengibaratkan orang yang luar biasa itu, seperti seseorang yang sedang sholat. Niatnya cukup sekali, gerakannya berkali-kali.

Insight, 13 Safar 1444H.

Dalam shalat, bukannya kita hanya berniat sekali pas di awal saja? Setelah itu, kita melakukan gerakan shalat. Dan gerakan shalat tersebut, kita ulang berkali-kali. 

Niat itu cukup hanya sekali saja. Tapi, tindakan kita yang berkali-kali. Artinya apa? Artinya adalah ngomong cukup sekali aja. Tapi action untuk mencapai omongan kita itu yang harus berkali-kali.

Kalau saya bikin perbandingan antara bicara dan tindakan. Saya akan senang membuat perbandingannya itu, 1:9.

Satu banding sembilan. Satu kali bicara, sembilan kali berencana. Satu kali berencana, sembilan kali bertindak. Satu kali bertindak, sembilan pelajaran yang ia dapat.

Orang hebat itu memang simpel orangnya. Dia suka diam. Bicara pun ketika diperlukan saja. Tapi kalau soal tindakan. Jangan dibilang. Dia adalah orang yang paling aktif.

Begitu juga dengan kita yang ingin menjadi orang yang luar biasa, yang ingin mencapai sesuatu dalam hidup kita.

Cukup sekali kita meniatkan apa yang menjadi cita-cita mulia kita. Setelah itu, kita wujudkan cita-cita tersebut dengan tindakan yang berkali-kali. Take action. Make it happen!

Insight, 13 Safar 1444H.

Alhamdulillah. Segitu dulu insight hari ini, Sohib Insight. Semoga saya dan kamu bisa mengambil satu kebaikan dari insight hari ini. Aamiin Allahumma Aamiin.

Jurnal Insight | Temukan Insight Setiap Saat.

About the Author

Hai, Saya Raden Sasak. Saya senang memikirkan hal-hal yang jarang terpikirkan. Saya senang menulis insight setiap hari. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.

Support Jurnal Insight.

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ingin berdiskusi, memberikan masukan atau menanyakan sesuatu. Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau informasi sensitif pada saat berkomentar. Terimakasih 😉
What do you want to do? Choose your menu!
Reload