Gabung Insight Broadcast

Daily Insight: Tsulaatsa, 16 Safar 1444H

Mark

“Kesakitan membuatmu berpikir. Pikiran membuatmu bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup”.

~ John Patrick.

Rasa Sakit Menjadikan Kita Lebih Kuat.

Hai, Sohib Insight. Kali ini saya ingin mencari insight dari sebuah kutipan. Kutipan ini biasanya aku temukan dari internet. Karena menarik, jadi saya mencoba untuk mencari insightnya.

Kira-kira, insight apa saja yang bisa saya dan sohib dapatkan? Yuk, langsung saja kita baca sama-sama.

INSIGHT 1

Kesakitan Membuatmu Berpikir

Banyak sekali yang akan terpikirkan ketika kita tersakiti oleh seseorang. Memikirkan tentang jahatnya seseorang yang membully kita.

Atau, memikirkan tentang kekurangan kita yang menjadi bahan bully an orang lain terhadap kita.

Sebagian dari mereka ada yang sampai stres dengan rasa sakit tersebut diakibatkan karena terlalu berlebihan memikirkan hal-hal yang diluar kendalinya.

Sebagian dari mereka ada yang menggunakan rasa sakit tersebut untuk membuat dirinya menjadi lebih kuat.

Tapi rasa sakit disini tidak hanya rasa sakit yang ditimbulkan oleh orang lain. Bisa juga karena diakibatkan oleh diri kita sendiri.

Yup, ternyata kita juga bisa menyakiti diri kita sendiri. Tidak hanya bisa disakiti oleh orang lain. Tapi kita juga bisa.

Simpel, seperti orang yang menzalimi dirinya sendiri. Ngepush dirinya sendiri untuk bisa bikin konten setiap hari, misalnya. Sampai harus begadang dan lupa makan.

Sampai akhirnya kita jatuh sakit. Dan akhirnya kita berpikir karena kesakitan tersebut tentang kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat.

Pernah ya, seperti itu? Saya juga pernah menyakiti diri saya sendiri. Karena keasyikan ngedit jadi lupa istirahat dan lupa makan, hehe … mohon dimaafkan.

Terkadang kita tidak sadar dengan apa yang kita lakukan. Salah atau tidaknya, kita tidak sadar. Sampai kita jatuh sakit dan merasakan kesakitan. Dan rasa sakit itu, membuka pintu pikiran kita, sekaligus menyadarkan diri kita.

Insight, 16 Safar 1444H.

INSIGHT 2

Pikiran Membuatmu Bijaksana

Rasa sakit ternyata telah membuka pintu pikiran kita. Dan menyadarkan diri kita atas kesalahan yang telah kita perbuat.

Memikirkan kesalahan yang telah kita perbuat akan memicu kita untuk memikirkan tentang makna hidup, dan mulai memikirkan hal apa yang seharusnya kita perbuat.

Ini yang akan menjadikan diri kita sebagai pribadi lebih bijaksana dari yang sebelumnya.

Jika kita sering berpikir. Maka kita telah melatih otak kita untuk terus mencari dan menggali sudut pandang baru Berpikir menjadikan kita lebih bijaksana, karena kita bisa melihat dari berbagai perspektif.

Ilham itu datang dari sebuah pemikiran yang dalam. Pemikiran yang dalam membuat kita merenung. Dari merenung akan membuat kita mencari dan menemukan makna hidup.

Insight, 16 Safar 1444H.

INSIGHT 3

Kebijaksanaan Membuat Kita Bisa Bertahan Dalam Hidup

Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup, adalah sebuah kata yang memberikan makna banyak bagi saya.

Memang benar, bahwa orang yang bisa bertahan dalam hidup salah satunya karena ia bijak. Bijak dalam mengambil keputusan, dan bijak dalam bertindak.

Ini yang membuat kita bisa bertahan dalam hidup.

Seseorang yang tidak bijak dalam hidupnya. Maka ia akan selalu mengambil keputusan yang spontan, tanpa menimbang baik dan kurangnya keputusan yang ia ambil.

Selain itu, orang yang tidak bijak cenderung salah dalam melangkah atau melakukan suatu tindakan.

Jika kita ingin bertahan dalam hidup. Maka kita harus bijak dalam menilai situasi, bijak dalam mengambil keputusan dan bijak dalam melaksanakan keputusan yang kita ambil.

Insight, 16 Safar 1444H.

PENUTUP

Alhamdulillah. Segitu dulu Daily Insight hari ini, Sohib Insight. Semoga saya dan kamu bisa mengambil satu kebaikan dari insight hari ini. Aamiin Allahumma Aamiin.

Saya Wirahadi, Raden Sasak: Selalu temukan insight di setiap kegiatan yang kita lakukan.

Dan selalu temukan insight di setiap peristiwa yang kita dapatkan. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.

Jurnal Insight | Temukan Insight Setiap Saat.

About the Author

Hai, Saya Raden Sasak. Saya senang memikirkan hal-hal yang jarang terpikirkan. Saya senang menulis insight setiap hari. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.

Support Jurnal Insight.

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ingin berdiskusi, memberikan masukan atau menanyakan sesuatu. Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau informasi sensitif pada saat berkomentar. Terimakasih 😉
What do you want to do? Choose your menu!
Reload