Join Telegram

Daily Insight: Ahad, 13 Rabiul Awal 1444H

Mark

Subhanallah Walhamdulillahi Walailahaillallah Wallahu Akbar. Walahawla Walaquwwata Illabillahil’aliyyil‘adzim.

Alat Hanyalah Alat. Fungsinya Tergantung Kita.

Hai, Sohib Insight. Selamat datang di blog Jurnal Insight. Ini adalah Daily Insight yang ke-27. Di blog Daily Insight, saya menulis insight yang saya dapatkan dari kegiatan (internet) saya sehari-hari.

Semoga insight yang saya dapatkan dari kegiatan (internet) saya ini, bisa bermanfaat bagi Sohib Insight yang membacanya, Aamiin.

INSIGHT 1

Alat Hanyalah Alat. Fungsinya Tergantung Kita.

“Ide bisnis semakin sering di share, semakin bagus”. Demikianlah judul konten YouTube yang saya tonton pagi ini.

Sangat menarik menurut saya karena ada pernyataan seperti ini. Karena seperti yang kita ketahui, orang itu bakalan merahasiakan ide bisnisnya. Karena mungkin takut diambil.

Tapi judul video tersebut saja saya bisa belajar bahwa ide bisnis yang kita punya hendaknya kita bagikan kepada orang lain agar ide itu berkembang dan semakin bagus.

Ibarat kata kita seperti orang yang memperlihat suatu benda kepada orang lain. Lalu memintanya untuk melihat kekurangan apa yang terdapat pada benda tersebut.

Sehingga, nantinya kita bisa memperbaiki apa yang kurang dan bisa meningkatkan apa yang baik. Mata kadang sering kali menipu tuannya. Jadi kita butuh mata orang lain untuk bisa melihat apa yang dirasa kita kurang cukup lihai melihatnya.

Apakah kita harus takut ide bisnis yang kita bagikan akan direbut oleh orang lain. Menurut saya tidak perlu takut. Karena sebenarnya ide itu hanya bisa dijalankan oleh penciptanya.

Oke, jika ada orang yang bisa menjalankan ide bisnis yang kita miliki. Namun tetap, hanya pemiliknya yang dapat menjalankan ide bisnis tersebut dengan baik.

Orang bisa meniru, tapi nilai esensial dari bisnis tersebut tidak akan pernah bisa ditiru oleh orang lain. Lagi pula kalau teman kita baik pasti dia akan menghormati dan membantu ide kita.

Teman yang baik tidak akan pernah mengambil ide bisnis kita, sebaliknya ia akan membantu kita untuk mewujudkannya.

Dibalik ide yang berhasil. Selalu ada partner yang membantu kita untuk mewujudkannya.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul Awal 1444H.

Dalam video tersebut juga saya mendapatkan satu kisah dari bro Gamal yang ketika itu ia ingin mengganti branding bisnis dari yang sebelumnya, Misterbrewok.

Lalu ia membuatlah video dengan seorang temannya lalu video tersebut diupload ke kanal YouTube yang ia miliki. Saat orang menonton videonya, ada satu orang yang komen menarik. Dia komen dengan mengatakan, “GAMAL = Ganteng Maksimal”.

Dari situlah kemudian bro Gamal terinspirasi untuk mengganti brandingnya menjadi GAMAL yang mana itu merupakan singkatan dari frasa Ganteng Maksimal.

Sangat menarik bagaimana ia bisa mendapatkan inspirasi. Dan tentu ia sangat berterima kasih kepada orang yang memberi komentar pada videonya tersebut. Hingga sekarang, GAMAL masih menjadi branding bisnis skin care yang ia miliki.

Belajar dari inspirasi sebelumnya. Inilah yang mungkin dia menjadi seseorang yang rendah hati sampai meminta saran dan masukan dari penontonnya.

Dalam video tersebut ia katakan bahwa ia menceritakan perjalanan bisnisnya bukan untuk jualan seminar melainkan untuk konsultasi kepada para penontonnya.

Siapa tau dari komen tersebut akan ada lagi inspirasi yang bisa mencerahkan dan membuat bisnisnya semakin bagus.

Fungsi dari suatu alat/benda bergantung pada bagaimana cara kita memandangnya.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul Awal 1444H.

INSIGHT 2

Shalat Bikin Tenang Ketika Kita Mengingat Allah.

Untuk insight kedua ini saya ingin isi dengan insight agama. Yang bisa menumbuhkan nilai-nilai agama dalam diri saya. Bukan untuk mengajari orang lain.

Karena sejatinya diri ini ketika berbicara tentang agama maka ia sedang membicarakan tentang dirinya. Tentang hubungan dirinya pada Tuhannya.

Bagi kamu yang ingin menonton videonya bisa klik tautan di bawah ini, ya.

Gimana caranya khusyuk saat sholat? | #BeningkanDariHati

Semoga kita semua selalu istiqomah dalam kebenaran dan semoga kita semua selalu mendapatkan petunjuk sebagaimana orang-orang beriman sebelum kita mendapatkan petunjuk.

Oke, kita masuk ke insightnya. Dari Ustadz Hanan Attaki yang mendengar bahwa jika kita ingin menjadikan shalat sebagai rehat kita, maka kita harus khusyuk.

Kalau pengen shalat itu jadi kunci datangnya pertolongan Allah, maka syaratnya khusyuk. Kita kalau kepingin di dalam shalat itu Allah turunkan rahmat kepada kita syaratnya khusyuk.

Kalau kita pengen di dalam shalat itu kita didoakan oleh malaikat, maka syaratnya khusyuk. Sekarang pertanyaannya, apa itu khusyuk? Dan bagaimana cara kita meraih khusyuk.

Khusyuk itu, kata para ulama adalah menghadirkan hati untuk mengingat Allah di dalam shalat. Allah SWT. dalam Al-Qur’an berfirman, “Dan dirikan shalat untuk mengingat Aku”. Surah Ta-Ha ayat 14.

Kunci dari mendapatkan kemudahan dalam hidup adalah dengan mengingat Allah dan untuk itu kita mendirikan shalat.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul Awal 1444H.

Misi salah satu dari shalat itu adalah mengingat Allah. Jadi agak aneh kalau orang mendirikan shalat untuk nemuin ide-ide yang kreatif. Karena tidaklah kita diperintahkan shalat untuk menemukan ide kreatif dalam urusan dunia kita.

Tidaklah kita diperintahkan shalat untuk ngelamun. Tidak ada ayat dirikan shalat untuk melamun, itu gak ada; dirikan shalat untuk dapat ide, itu gak ada. Begitulah kata Ustadz Hanan Attaki dalam video tersebut.

Jadi sudah jelas bahwa kita shalat misinya adalah untuk mengingat Allah. Shalat bukan tempat kita untuk mengingat kepada sesuatu yang berkaitan dengan kenikmatan dunia.

Saya pribadi masih kesulitan untuk khusyuk, karena masih saja ikut kecantol pikiran tentang pekerjaan, atau pikiran suka ngambang kesana kemari gak jelas.

Tapi ketika mengingat bahwa saya sedang shalat, sesegera mungkin saya kembalikan lagi pikiran saya untuk mengingat Allah SWT. karena sesungguhnya shalat itu hanya untuk-Nya.

Kata Ustadz Hanan Attaki dalam video tersebut; tanda bahwa kita khusyuk dalam mengerjakan shalat adalah ketika kita tidak mengingat hal lain selain dari mengingat Allah SWT.

Entah saya pernah khusyuk dalam shalat atau tidak. Tapi saya pernah shalat dimana saya mendapatkan suatu ketenangan, kedamaian dalam hati yang saya tidak tau asalnya.

Berusaha menjauhkan kita dari dunia dan mendekatkan kita dari mengingat Allah Sang Pencipta. Itulah shalat.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul Awal 1444H.

INSIGHT 3

Persiapan Mendeskripsikan Masa Depan.

“Jika kita bisa mengungkap masa depan, masa kini akan menjadi perhatian terbesar kita”.

~ Edward Counsel.

Masa depan memang menjadi misteri bagi semua kalangan yang berambisi untuk mengetahui takdir mereka di masa yang akan datang seperti apa. Apakah baik, atau sebaliknya.

Kita tidak bisa melihat masa depan dengan sangat jelas. Mungkin kita bisa menebaknya atau mengira-mengira masa depan kita akan seperti apa. Tapi kita tidak akan pernah tau.

Maksudnya, kita tidak akan pernah tau aslinya akan jadi seperti apa. Tapi yang pasti ketidaktahuan kita akan masa depan menjadikan kita untuk lebih bersiap dengan semua hal.

Mempersiap diri kita semakin baik, mempersiapkan mental kita untuk menghadapi masa depan. Karena kita tidak pernah tau akan sekeras apa nanti kehidupan di masa depan.

Dimasa sekarang saja kerasnya minta ampun. Masih banyak kita temukan orang-orang tinggi yang menindas orang-orang yang berada dibawahnya. Bukannya memberi bantuan, tapi malah menindas yang lemah.

Mungkin investasi pengetahuan akan menjadi persiapan yang sangat bermanfaat bagi kita nanti di masa yang akan datang. Karena itulah hal yang paling mudah untuk kita lakukan.

Selain itu kita juga bisa mempersiapkan bekal masa depan kita dengan membangun banyak relasi dengan orang-orang yang yang mungkin bisa membantu kita untuk bertumbuh.

Memperbanyak pengetahuan dan pertemanan adalah satu persiapan yang akan membuat masa depan kita cemerlang.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul Awal 1444H.

Bagaimana kalau kita bisa melihat masa depan? Bagaimana jika kita bisa mengungkap misteri yang akan terjadi di masa depan? Apa yang kemudian akan kita lakukan?

Yang pasti ketika kita mengetahui masa depan yang menjadi perhatian utama kita adalah masa sekarang. Karena kita tau di masa depan akan terjadi ABCD. Maka kita akan sibuk untuk mempersiapkan diri menghadapi ABCD tersebut.

Jadi mau kita tau masa depan itu seperti apa. Mau kita bisa melihat masa depan itu akan terjadi apa. Atau kita tidak tau apapun tetap fokus kita ada di masa sekarang.

Karena bagaimanapun masa depan pribadi kita bergantung pada persiapan yang kita lakukan sekarang. Apa yang kita tanam sekarang, itulah yang akan kita tuai nantinya.

Jadi, gak ada gunanya juga kita mengetahui masa depan kalau kita sendiri tidak mau mempersiapkan diri kita, memperbaiki diri kita dan terus meningkatkan nilai diri kita.

Yang berguna untuk kita ketahui adalah kegiatan atau aktivitas apa yang kita lakukan saat ini. Apakah yang kita lakukan hari ini bermanfaat atau hanya membuang-buang waktu saja.

Selama itu bermanfaat dan berkontribusi kepada misi dan visi yang ingin kita raih. Maka, besar kemungkinan masa depan kita akan bagus sesuai dengan misi dan visi yang telah kita buat.

Jadi yang paling penting untuk kita lakukan adalah persiapan.

Baik tidaknya masa depan kita, bergantung pada persiapan.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul Awal 1444H.

PENUTUP

Alhamdulillah. Shallu ‘Alan Nabi Muhammad!

Sampai disini dulu insight yang bisa saya bagikan. Semoga saya dan Sohib Insight bisa mendapatkan satu kebaikan dari membaca blog insight hari ini. Aamiin Allahumma Aamiin.

Selalu temukan insight di setiap kegiatan yang kita lakukan. Dan selalu temukan insight di setiap peristiwa yang kita dapatkan. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.

Jurnal Insight | Temukan Insight Setiap Saat.

About the Author

Life Design Certified Trainer | Top Coach Merry Riana Coach Development Program | Tim Motiva: Lembaga Pelatihan Produktivitas & Pengembangan Diri.

Follow Raden Sasak.

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ingin berdiskusi, memberikan masukan atau menanyakan sesuatu. Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau informasi sensitif pada saat berkomentar. Terimakasih 😉
What do you want to do? Choose your menu!
Reload