Join Telegram

Daily Insight: Tsulaatsa, 13 Rabiul Akhir 1444H

Mark

Subhanallah Walhamdulillahi Walailahaillallah Wallahu Akbar. Walahawla Walaquwwata Illabillahil’aliyyil‘adzim.

Hadirlah Untuknya Selagi Bisa Hadir.

Daily Insight adalah insight yang saya tulis setiap hari. Tujuannya membiasakan diri menulis (1000 kata) setiap hari. Selain itu, menulis setiap hari bagi saya pribadi juga bisa menjadi terapi.

Apa yang saya tulis di Daily Insight adalah sebuah perjalan berharga bagi saya seorang. Sehingga terkadang tulisannya hanya dapat dipahami oleh diri saya sendiri.

Saya tidak menganjurkan kamu untuk membacanya! Tapi kalau kamu tetap mau, ya silahkan.

Anyway, ini adalah Daily Insight yang ke-57. Selamat membaca...

INSIGHT 1

Setiap Orang Berhak Memperbaiki Kesalahannya.

Seburuk-buruknya manusia ada suatu hal yang bisa kita pelajari. Sebaik-baiknya manusia ada kesalahan yang bisa kita cari.

~ Denny Sumargo.

Sebuah kutipan yang sangat menarik Ketika saya menonton podcast Curhat Bang Denny Sumargo bersama Reza Arap. Mungkin kutipan ini bisa menjadi satu pelajaran untuk kita.

Bahwa seburuk-buruknya manusia pasti masih ada satu hal yang bisa kita pelajari, itu benar! Karena mau bagaimanapun keburukan orang pasti ada pelajaran di dalamnya.

Bukankah kita selalu belajar dari kesalahan orang agar kita tidak terjerumus ke dalam kesalahan tersebut. Saya rasa belajar itu adalah belajar dari kesalahan orang lain.

Dan banyak sekali kisah-kisah yang kita baca yang sebenarnya itu menunjukkan kesalahan seseorang yang tujuannya agar kita tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Mungkin pelajaran yang paling penting yaitu pelajaran tentang kesalahan orang lain. Kenapa paling penting? Ya, karena kita kita jadi tahu apa yang seharusnya kita hindari.

Memang tidak ada orang yang menginginkan dirinya menjadi seseorang yang buruk dan tidak ada juga orang yang berharap mereka melakukan kesalahan. Tapi itu bisa jadi pelajaran.

Mungkin kita yang pernah berbuat salah tidak bisa mengambil pelajaran dari kesalahan kita. Tapi ketika kita ceritakan itu bisa menjadi pelajaran bagi orang lain yang mendengarnya.

Kita sering belajar dari kisah sukses seseorang. Namun kita tidak pernah sukses seperti mereka. Mungkin kita harus banyak belajar dari kisah kegagalan seseorang untuk bisa sukses.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul Akhir 1444H.

Sebaik-baiknya manusia pasti ada kesalahan yang bisa kita cari. Dan begitulah cara orang ketika ingin menjatuhkan orang yang sudah sukses. Mereka selalu bisa mencari kesalahan.

Entah kenapa ketika ada seseorang yang sukses. Kita suka merasa iri dan berusaha mencari celah atau mencari kesalahan orang. Meskipun peluangnya untuk mendapatkannya sedikit.

Entah ini adalah sebuah keterampilan atau skill yang dimiliki oleh seseorang, saya tidak tahu. Tapi yang pasti seseorang itu bisa saja untuk mencari kesalahan orang lain.

Ini yang menjadikan bahwa sebaik-baiknya seseorang atau sesukses-suksesnya seseorang, pasti ada sebuah kesalahan yang bisa dicari oleh orang lain. Pasti ada saja kesalahan kita.

Itulah kenapa kemudian seseorang tidak bisa menjadi baik 100% karena pasti ada saja kesalahan yang pernah dilakukan. Entah apa kesalahan itu tapi pasti ada dan bisa cari oleh orang.

Maka ada baiknya ketika kita menjadi baik kita tidak merasa diri sepenuhnya baik. Justru kita harus merasa bahwa kita menjadi baik, karena ada sebuah kesalahan yang ingin kita perbaiki.

Tentang kesalahan kita bisa dicari atau bisa ditemukan oleh orang. Ya, mungkin solusinya kita harus sering-sering berdoa meminta perlindungan agar aib kita tidak diketahui oleh orang.

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Dan setiap orang berhak untuk memperbaiki kesalahannya. Dan orang yang baik pasti memiliki peluang untuk melakukan kesalahan.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul Akhir 1444H.

INSIGHT 2

Apa Yang Harus Kita Lakukan Dengan Apa Yang Kita Miliki.

"Success is largely the failures you avoid. Health is the injuries you don't sustain. Wealth is the purchases you don't make. Happiness is the objects you don't desire. Peace of mind is the arguments you don't engage. Avoid the bad to protect the good."

~ Morgan Housel.

Kesuksesan adalah sebuah kegagalan yang kita hindari. Banyak orang yang berpikir bahwa sukses bisa tanpa adanya kegagalan. Tapi sayang sukses itu lahir bersama gagal.

Kita tidak bisa memisahkan dua hal yang saling berpasangan. Karena mereka diciptakan untuk selalu berdampingan. Jika kita ingin sukses maka kita harus mau menerima kegagalan.

Mindset orang sekarang dipenuhi oleh rasa keinginan untuk mendapatkan kenikmatan tanpa adanya proses yang pahit. Mau enaknya saja tapi tidak mau merasakan pahitnya.

Orang-orang yang seperti ini adalah orang-orang yang tidak mau bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Yang penting mereka hanya ingin mendapatkan kenikmatannya saja.

Serasa ada banyak contoh real di dunia nyata seperti orang yang pacaran, misalnya. Pacaran hanya ingin enaknya saja tapi mereka tidak mau bertanggung jawab.

Bagaimana bisa kita meraih sebuah kesuksesan tanpa ingin melalui kegagalan. Gagal itu seperti jalan dan kesuksesan itu seperti tujuan. Dan mereka berdua saling melengkapi.

Kita tidak bisa menuju tujuan dan mencapai tujuan kita tanpa adanya sebuah jalan yang membantu kita ke tujuan tersebut.

Mengharapkan kesuksesan tanpa kegagalan itu sama seperti mengharapkan kegagalan tanpa kesuksesan. Kesuksesan tidak akan pernah ada tanpa kegagalan dan kegagalan pasti akan selalu ada untuk kesuksesan.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul Akhir 1444H.

Kita selalu berusaha untuk menghindari sesuatu yang buruk untuk kemudian kita bisa mendapatkan sesuatu yang baik. Namun faktanya kita akan selalu menemukan yang buruk.

Kita ingin menjadi seseorang yang baik tanpa keburukan. Namun kita tidak akan pernah menjadi baik jika kita tidak pernah melakukan hal yang buruk.

Justru kita ingin menjadi baik dan berubah menjadi orang yang baik karena kita dulu pernah melakukan hal yang buruk, karena kita dulu pernah menjadi orang yang buruk.

Ini sama seperti mengharapkan kelebihan tanpa kekurangan. Sayangnya kita hanyalah seorang manusia yang pasti punya kelebihan dan dibalik kelebihan kita pasti punya kekurangan.

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi uniknya setiap orang punya caranya masing-masing bagaimana untuk mendapatkan sesuatu yang berharga dari kedua hal tersebut.

Sangat salah jika kita berpikir bahwa orang memiliki kelebihan tanpa memiliki kekurangan sama sekali. Dan berpikir memiliki kekurangan tanpa memiliki kelebihan sama sekali.

Kita harus paham bahwa kita hanyalah manusia yang lahir dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangan.

Setiap orang unik dan setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Hanya saja apa yang bisa kita lakukan dengan keunikan kita. Itu yang harus kita cari.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul Akhir 1444H.

INSIGHT 3

Hadirlah Untuknya Selagi Kita Masih Bisa Hadir.

“Prinsip hidup itu sederhana: Lepaskan jika memang harus dilepaskan. Pertahankan jika memang layak untuk diperjuangkan”.

~ Anonim.

Hidup bahagia itu sederhana. Kita hanya perlu melepaskan apa yang harus dilepaskan. Jangan terlalu terikat dengan suatu hal yang seharusnya kita biarkan pergi.

Jika kita tidak membiarkan hal-hal yang semestinya kita biarkan pergi dalam hidup kita, maka kita akan menemukan kehidupan kita berada dalam kesengsaraan.

Sesuatu yang harus dilepaskan maka harus direlakan. Mungkin sekarang kita harus belajar merelakan sesuatu yang tidak baik untuk kita miliki. Meskipun kita amat mencintai hal tersebut.

Kita tahu bahwa sesuatu itu tidak baik untuk kita. Tapi kenapa kita harus berusaha untuk mempertahankannya. Ketika hal itu tidak berdampak positif untuk kita, maka lepaskan saja.

Kita tetap bersikukuh untuk mempertahankan hal yang tidak berdampak positif bagi kita. Karena kita memiliki pandangan bahwa tidak ada hal yang bisa kita miliki selain itu.

Seperti wanita yang ingin kita jadikan pasangan hidup kita. Kita selalu berusaha untuk mempertahankan dia meski faktanya dia tidak baik untuk kita dan merusak masa depan kita.

Kita selalu beranggapan bahwa kalau kita tidak pacaran maka kita tidak akan memiliki pasangan hidup. Padahal ada cara lain yang lebih baik untuk bisa memiliki pasangan hidup.

Kita selalu mempertahankan sesuatu yang tidak baik bagi kita. Karena kita selalu beranggapan tidak ada sesuatu yang lebih baik dan lebih pantas untuk kita miliki. Cobalah untuk sadar.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul Akhir 1444H.

Sebaliknya kita tidak mau mempertahankan sesuatu yang baik bagi diri kita dan kehidupan kita. Padahal sesuatu tersebut layak untuk kita perjuangkan dan layak untuk dipertahankan.

Komunikasi dengan keluarga adalah sesuatu yang layak untuk kita perjuangkan dan layak untuk kita pertahankan. Karena hal itu baik adanya untuk diri kita dan untuk kehidupan kita.

Saya tidak tahu apakah ini banyak atau tidak. Tapi saya pernah menemukan seseorang yang hidup bersama keluarganya, satu atap dengan keluarganya, tapi mereka jarang berkomunikasi.

Padahal keluarga adalah hal yang paling berharga dalam hidup seseorang. Keluarga adalah satu-satunya harta yang paling berharga yang kita miliki. Lebih berharga dari apapun.

Tapi seringkali kita mengabaikannya dan seringkali kita tidak menaruh perhatian kita terhadap keluarga kita. Ketika keluarga kita sudah tidak ada, barulah kita tersadar.

Cobalah untuk mempertahankan sesuatu yang memang layak untuk dipertahankan. Perjuangkan segala hal yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan keharmonisan keluarga kita.

Keluargamu bukanlah pacarmu yang baru sehari dua hari kamu temukan. Tapi keluargamu adalah orang tuamu yang telah lama merawatmu dengan penuh rasa kasih sayang.

Orang tua adalah hal yang paling berharga dalam hidup kita. Jagalah mereka dengan segala usaha yang bisa kita lakukan. Karena akan ada masa dimana kita tidak bisa berusaha lagi.

Insight Raden Sasak, 13 Rabiul akhir 1444H.

PENUTUP

Alhamdulillah. Shallu ‘Alan Nabi Muhammad!

Sampai disini dulu insight yang bisa saya bagikan. Semoga saya dan Sohib Insight bisa mendapatkan satu kebaikan dari membaca blog insight hari ini. Aamiin Allahumma Aamiin.

Selalu temukan insight di setiap kegiatan yang kita lakukan. Dan selalu temukan insight di setiap peristiwa yang kita dapatkan. Karena tiada hari, tanpa insight yang bermanfaat.

Jurnal Insight | Temukan Insight Setiap Saat.

About the Author

Life Design Certified Trainer | Top Coach Merry Riana Coach Development Program | Tim Motiva: Lembaga Pelatihan Produktivitas & Pengembangan Diri.

Follow Raden Sasak.

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ingin berdiskusi, memberikan masukan atau menanyakan sesuatu. Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau informasi sensitif pada saat berkomentar. Terimakasih 😉
What do you want to do? Choose your menu!
Reload