Join Telegram

Daily Insight: Ahad, 22 Jumadil Akhir 2022

Mark

Subhanallah Walhamdulillahi Walailahaillallah Wallahu Akbar. Walahawla Walaquwwata Illabillahil’aliyyil‘adzim.

Wajib Belajar Bagaimana Cara Menjaga Diri Dari Yang Haram

Daily Insight adalah blog yang saya tulis setiap hari. Tujuannya membiasakan diri menulis (1000 kata) setiap hari. Selain itu, menulis setiap hari bagi saya juga bisa menjadi terapi.

Daily Insight terdiri atas tiga insight, yaitu insight yang saya dapatkan dari kegiatan internet, insight dari membaca sebuah buku dan insight yang saya dapatkan dari membaca kitab.

Apa yang saya tulis disini adalah sebuah catatan yang belum sempurna; bisa dibilang "sampah." Tapi suatu hari, tulisan "sampah" ini akan menjadi sesuatu yang berharga.

Jika kamu ingin membacanya, silahkan. jika tidak, skip aja. Anyway, ini adalah Daily Insight yang ke-125. Selamat membaca!

INSIGHT 1

Tidak Ada Perjuangan Yang Dilakukan Tanpa Adanya Imbalan.

Latihan terbaik apa yang bisa membuat skill yang ingin kita kuasai bisa tercapai dalam waktu singkat?

Banyak dari kita pasti ingin menguasai skill atau keterampilan tertentu seperti keterampilan digital; desain grafis, editing video, manipulasi photo dan skill digital lainnya.

Nah, yang jadi pertanyaannya, bagaimana kita bisa menguasai skill yang tersebut dalam waktu dekat? Caranya simpel, yaitu dengan melatih diri setiap hari dan dan setiap ada kesempatan.

Latihan setiap hari membuat kita terbiasa, dan dari terbiasa itulah yang akan membuat kemampuan kita meningkat dalam menguasai skill yang ingin kita kuasai.

Banyak orang gagal dalam menguasai skill tertentu dikarenakan mereka tidak mau latihan. Kalaupun latihan, itu tidak dilakukan setiap hari dan setiap ada kesempatan.

Jadi, keterampilan itu akan meningkat seiring dengan seringnya kita latihan. Tidak melewatkan latihan walau hanya satu hari bisa meningkatkan keterampilan kita secara pesat.

Latihan terbaik untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan kita adalah dengan tidak melewatkan latihan meski hanya satu hari.

Tidak ada alasan yang benar ketika kita menunda latihan atau tidak melakukan latihan setiap hari. Kata-kata bahwa kita tidak punya waktu untuk latihan, itu adalah alasan terburuk.

Orang bisa tidak memiliki waktu untuk latihan karena mereka tidak mau latihan, sehingga waktu yang ada tidak akan pernah dia luangkan untuk sesi latihan melainkan untuk hal lain.

Waktu kita ada untuk latihan, tapi seringkali emosi kita yang tidak mendukung kita latihan. Misalnya, kita mendapat berita buruk tentang suatu hal, kita langsung tidak mau latihan.

Mungkin kita akan mengatakan kepada diri kita sendiri bahwa hari ini adalah hari yang tidak tepat untuk latihan karena ada kabar yang tidak menyenangkan.

Mungkin mengetahui sedikit alasan mengapa kita harus latihan setiap hari bisa membantu kita untuk latihan setiap hari. Tidak adanya dorongan menjadikan kita tidak bergerak.

Jadi, semisal kita tidak mau latihan hari ini, cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri, kenapa saya tidak mau latihan hari ini? Apakah alasan saya sudah tepat untuk tidak latihan?

Apakah alasan saya meninggalkan latihan saya jauh lebih penting dari menunda latihan saya? Atau saya hanya ingin lari dari latihan karena saya sudah capek belum melihat hasilnya?

Tidak ada yang bisa membantu kita menguasai sebuah skill atau keterampilan tertentu tanpa belajar dan latihan setiap hari. Kalaupun ada, itu hanya alasan agar kita tidak latihan.

Lelah memang latihan setiap hari, tapi bukan berarti kita harus menyerah dengan rasa lelah. Karena lelah hanyalah sebuah instruksi bagi kita untuk istirahat sejenak dari latihan.

Lelah boleh, menyerah jangan. Lelah bisa diatasi dengan istirahat. Sedangkan menyerah akan mendatangkan rasa penyesalan yang mendalam.

Suatu saat ketika membuka mata dan melihat orang-orang yang berhasil dengan keterampilan dulu yang ingin kita kuasai, kita akan berkata, “Aku menyesal dulu tidak latihan.”

Maka, sebelum datang penyesalan berjuanglah habis-habisan. Tidak ada perjuangan tanpa ada imbalan. Karena setiap perjuangan akan memberikan pelajaran dan pengalaman.

INSIGHT 2

Mencatat Apa Yang Kita Baca Memudahkan Kita Paham.

Ada banyak tipe orang yang suka dengan buku. Ada orang yang suka membaca buku secara tuntas, lalu menggantinya dengan buku yang baru, disebut the chronological reader.

Sangat bagus jika kita memiliki sifat yang seperti diatas. Karena pengetahuan kita akan selalu diperbarui seiring banyaknya buku yang kita baca.

Pengetahuan dan pengalaman kita bisa bertambah dengan sangat cepat jika kita ingin membaca buku. Karena ketika kita membaca, kita tidak hanya mendapat pengetahuan saja.

Melainkan ketika kita membaca sebuah buku, kita juga mendapatkan pengalaman dari sang penulis yang dibaginya melalui buku yang ia tulis.

Sebagaimana yang kita ketahui, pengalaman adalah guru terbaik. Tapi sayang, kita tidak punya banyak waktu untuk mencari dan mendapatkan pengalaman.

Itulah sebabnya buku akan sangat membantu kita untuk mendapatkan pengalaman dengan sangat cepat, dengan catatan kita membaca buku tersebut dengan tuntas.

Karena ada sebagian orang yang ketika dia membeli buku, dia tidak membacanya. Baginya yang bernilai dari buku adalah seberapa banyak buku yang menghiasi rak bukunya.

Ya bagus juga jika ada banyak buku di rak kita. Tapi sayang jika buku-buku tersebut tidak dibaca.

Nilai dari sebuah buku baru bisa kita dapatkan setelah kita membaca dan memahami isi dari buku tersebut. Tanpa hal itu kita tidak akan pernah mendapatkan manfaat dari buku.

Bahkan sebagian orang saya dengar bahwa manfaat buku baru bisa didapatkan setelah beberapa kali dibaca. Karena dengan itu, seseorang bisa memahami isi buku itu dengan lebih dalam.

Jika kita merasa tidak ada masalah dengan hanya membaca buku sekali saja, maka itu sudah bagus. Lebih bagus daripada tidak membacanya sama sekali, bukan?

Tapi ada tips lain yang saya baca dari sebuah buku, di buku tersebut dikatakan bahwa pemahaman kita akan meningkat atas buku yang kita baca jika kita membuat catatan.

Jadi, cara lain untuk memudahkan dan meningkatkan apa yang kita dapatkan dari buku yang kita baca, yaitu dengan cara menyiapkan buku catatan di samping buku yang kita baca.

Menulis kembali apa yang telah kita baca tidak hanya akan memudahkan kita paham, tapi itu juga membantu otak kita untuk lebih lama berada dalam ingatan kita.

Dan mencatatnya membantu otak kita bisa mengingat apa yang kita baca melalui otot-otot kita. Ini biasanya dialami oleh seseorang yang punya gaya belajar kinestetik.

Selain itu, mencatat juga bisa menjadi catatan kecil kita, yang suatu saat bisa kita baca kembali. Dan itu lebih memudahkan kita daripada membaca ulang buku aslinya.

Mencatat apa yang kita baca juga menjadikan kita terlibat secara aktif. Dan dari guru saya, saya pernah dengar bahwa ilmu cepat masuk jika kita aktif dalam belajar.

Di dalam buku lain yang pernah saya baca juga mengatakan bahwa kita akan sangat mudah mengingat, bahkan bisa bertahan lama dalam ingatan kita jika kita melibatkan emosi.

Jadi, cobalah untuk membaca dengan menyiapkan catatan di samping kita agar terlibat aktif dalam prosesnya, dan juga bisa menambahkan emosi ketika membaca dan menulis.

INSIGHT 3

Wajib Belajar Bagaimana Cara Menjaga Diri Dari Yang Haram.

Hari ini saya mendapat insight yang sangat luar biasa dan mudah-mudahan bisa bernilai nasehat bagi saya dan semoga saya bisa menjalan daripada nasehat tersebut.

Karena dalam Kitab Ihya Ulumuddin Imam Al-Ghazali Rahimahullah berkata,

“Jika sesudah menerima (masuk) Islam seseorang mengenakan pakaian yang terbuat dari kain sutera, bersekutu dalam merampas harta orang lain, atau melihat wanita yang bukan mahram dengan penuh nafsu, maka ia harus mengetahui bagaimana cara membatasi dan menjaga diri dari hal-hal tersebut.”

Saya sudah lama menerima Islam dan menjadi muslim, tapi masih sedikit dari usaha yang saya keluarkan untuk menghindari perbuatan-perbuatan dosa.

Padahal, adalah sebuah keharusan bagi seseorang yang telah menerima Islam dan statusnya sudah menjadi Muslim/Muslimah untuk menjadi dirinya.

Diantara cara kita menjaga diri adalah dengan mempelajari dan memahami hal-hal yang dilarang dan diharamkan Allah Swt. bagi seorang hamba dari melakukannya.

Mengetahui yang haram tidak menjadikan kita tidak melakukan hal tersebut. Karena syaithan selalu berusaha mendorong kita untuk melakukan perbuatan tersebut.

Maka yang perlu kita lakukan adalah tidak hanya mengetahuinya, akan tetapi juga memahami dengan benar mengapa kita harus menghindarinya.

Syaithan selalu menggoda kita dengan memberikan semacam motivasi dan semacamnya agar kita bisa berbuat hal-hal yang bisa menjadikan kita berdosa dihadapan Allah Swt.

Satu yang paling saya ingat dari apa yang pernah saya dengar atas para guru, ustadz, ulama adalah dengan memohon serta meminta perlindungan kepada Allah Swt.

Hanya Allah Swt. yang dapat melindungi kita dari godaan syaithan yang terkutuk. Jangan membiarkan diri kita melawan syaithan seorang diri tanpa memohon perlindungan-Nya.

Itu adalah insight pertama yang saya dapat. Mudah-mudahan kita selalu mendapatkan perlindungan Allah Swt. dan senantiasa mendapat petunjuk dari-Nya. Aamiin Allahumma Aamiin.

Insight lainnya yang saya dapat adalah tentang pentingnya mempelajari ilmu meski itu tidak melekat dengan diri kita tapi akan selalu kita hadapi sekarang dan kedepannya nanti.

Imam Al-Ghazali Rahimahullah mengatakan,

“Pada segala sesuatu yang tidak melekat pada diri seseorang, namun akan selalu dihadapinya segera pada masa mendatang, seperti pengetahuan seputar makanan dan minum, maka diwajibkan mempelajari atau mengajarkannya kepada pihak lain yang membutuhkannya.”

Hal yang paling sering dan tidak lepas dari kita adalah makan dan minum. Maka, jika kita mengetahui status hukum dari makan dan minum tersebut wajib untuk kita sampaikan.

Tidak hanya wajib menyampaikan bagi orang yang paham. Tapi yang tidak paham juga wajib untuk mempelajarinya..

Imam Al-Ghazali Rahimahullah berkata,

“Setiap yang diwajibkan untuk disampaikan (diajarkan), maka mempelajarinya juga menjadi kewajiban yang bernilai setara.”

Wallahu A’lam Bishawab.


Terimakasih Sudah Membaca.

Jangan lupa bershalawat kepada baginda Rasulullah ﷺ agar apa yang kita baca bisa mendapatkan keberkahan. Semoga kelak saya dan Sohib Insight bisa mendapatkan syafa'at Rasulullah ﷺ Shallu ‘Alan Nabi Muhammad!

Selalu temukan insight di setiap kegiatan yang kita lakukan. Dan selalu temukan insight di setiap peristiwa yang kita dapatkan. Karena tiada hari tanpa insight yang bermanfaat.

Salam Raden Sasak.

Jurnal Insight | Temukan Insight Setiap Saat.

About the Author

Life Design Certified Trainer | Top Coach Merry Riana Coach Development Program | Tim Motiva: Lembaga Pelatihan Produktivitas & Pengembangan Diri.

Follow Raden Sasak.

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika ingin berdiskusi, memberikan masukan atau menanyakan sesuatu. Jangan pernah membagikan informasi pribadi atau informasi sensitif pada saat berkomentar. Terimakasih 😉
What do you want to do? Choose your menu!
Reload